SEL HEWAN DAN TUMBUHAN

Standard

Sel
1. Struktur Sel Tumbuhan dan Hewan

649px-Plant_cell_structure_svg-id.svg

Gambar sel tumbuhan

600px-Animal_cell_structure_id.svg

Gambar sel hewan

a. Membran Sel
Membran sel terletak diluar sitoplasma, berfungsi mengatur peredaran zat dari dan ke dalam sel. Artinya, mengatur masuknya zat-zat kedalam sel dan mengatur keluarnya zat-zat dari dalam sel. Membran sel bersifat tipis dan elastis. Pada sel tumbuhan, selain membran sel juga terdapat dinding sel. Dinding sel tumbuhan tersusun oleh selulosa (serat) sehingga bentuknya tetap dan kuat. Sel hewan dan manusia tidak berdinding.
b. Sitoplasma
Sitoplasma adalah cairan sel yang kental, mengisi ruangan antara membran sel dan inti sel. Sitoplasma disebut juga plasma sel. Benda-benda sel yang terdapat pada sitoplasma, antara lain ribosom, badan golgi, mitokondria. Ribosom adalah parikel berbentuk bulat didalam sitoplasma. Fungsinya berhubungan dengan proses sintesis protein.
c. Retikulum Endoplasma (RE)
Retikulum endoplasma adalah saluran kecil yang terdapat didalam sitoplasma. Fungsinya selain sebagai tempat peletakan ribosom, juga berfungsi memperkaya senyawa protein hasil sintesis ribosom yang melekat di permukaan membrannta serta transport zat dalam sel.
d. Badan Golgi
Badan golgi terdiri dari suatu jaringan tak teratur dari benda-benda seperti batang, bulat, atau berbutir-butir pada sel-sel hewan, yang sering terpusat di sekitar nukleus. Banyak terdapat pada sel-sel kelenjar dan saraf, tetapi hanya sedikit pada sel-sel otot. Fungsi dari badan golgi adalah untuk ekskresi sel, pembentukan dinding sel, dan pembentukan lisosom.

e. Lisosom
Lisosom adalah benda seperti vakuola yang mensekresikan enzim-enzim untuk mencernakan bahan makanan, demikian juga pada kematian sebuah sel, lisosom melepaskan zat-zat yang menghancurkan bangkai sel ini.
f. Mitokondria
Mitokondria adalah struktur-struktur kecil yang tersusun dari protein dan lipida yang membentuk suatu gel yang stabil dan keras. Berbentuk lonjong dengan dua lapis membran di mana membran dalam membentuk lipatan. Fungsi mitokondria sebagai penghasil energi karena terlibat pada proses respirasi sel.
g. Inti Sel
Inti sel adalah bagaian dari sel yang utama. Fungsinya sebagai pusa pengatur seluruh kegiatan sel. Dibagian dalam inti sel hewan maupun sel tumbuhan terdapat kromatin. Pada waktu sel akan membelah, kromatin yang berbentuk benang ini menebal dan disebut kroosom. Kromosom merupakan faktor pembawa keturunan atau gen. Pada sel tumbuhan, dalam intinya terdapat plastida yaitu butir-butir pembawa zat warna. Salah satu plastida adalah kloroplas yang mengandung butir-butir hijau daun (klorofil).
h. Sentrosom
Sentrosom adalah suatu daerah yang agak padat di dalam protoplasma, terletak di dekat inti sel. Di bagian tengah sentrosom terdapat dua buah benda kecil seperti titik berbentuk tongkat, atau benda-benda seperti huruf V yang disebut sentriol. Fungsinya yaitu berperan penting dalam pembelahan sel.
i. Vakuola
Vakuola organel mempunyai bentuk, ukuran, dan fungsi berbeda-beda. Fungsi vakuola berhubungan dengan fungsi lisosom. Pada sel tanaman vakuola pusat berfungsi sebagai tempat penyimpanan, berperanan dalam pertumbuhan sel dan berfungsi sebagai lisosom besar. Pada protista vakuola kontraktil berfungsi sebagai pengatur air.
j. Ribosom
Ribosom adalah massa berbutir-butir yang mengandung RE, mengandung ARN. Fungsi ribosom sebagai tempat sintesis protein.

k. Nukleus
Merupakan struktur relative besar yang berbentuk bulat, bulat telur, atau tak teratur dan dikelilingi oleh sitoplasma sel. Memiliki bagian-bagian yang penting yaitu membran inti (kariotek), sebagai pembungkus sekaligus pelindung inti. Nukleoplasma merupakan cairan inti berbentuk sel, kaya substansi kimia seperti ion-ion, protein, enzim, nukleotida, dan benang-benang kromatin yang bertindak sebagai organisator inti dan banyak mengandung gen-gen yang memberikan kode RNA ribosom.
l. Plastida
Plastida merupakan benda-benda dengan bermacam-macam bentuk yang ditemukan di dalam sel-sel tumbuhan yang tersusun dari lipida dan protein. Plastida mensintesis lemak, protein, dan pati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s